BYPASS PROXY HIT


on Mikrotik OS 5.7 dan Squid 2.7 Stable9+Patch > disini maksudnya adalah apabila ada objek yang HIT dari cache proxy maka tidak terlimit oleh manajemen limit bandwidth yang kita buat baik di simple queue/queue tree. karena klo tetap terlimit ya percuma dong ente bikin squid proxy.
sebenernya ada beberapa cara, tapi berikut yang ane gunakan dan terbukti efektif :

Pertama, pastikan ada baris perintah ini di squid.conf anda :

Code:
zph_mode tos
zph_local 48
zph_sibling 0
zph_parent 0
zph_option 136

Lalu buat Mangle baru di mikrotik anda, pastikan mangle ini posisinya diatas Mangle untuk manajemen bandwidth anda :

Code:
/ip firewall mangle add chain=postrouting dscp=12 action=mark-packet new-packet-mark=Proxy-DSCP passthrough=no

edit :
gunakan opsi mangle ini jika yang diatas tidak jalan (pilih salah satu saja)

Code:
/ip firewall mangle add chain=forward dscp=12 action=mark-packet new-packet-mark=Proxy-DSCP passthrough=no

Lalu buat rule queues, contoh disini adalah menggunakan queue tree :

Code:
/queue tree add name="Proxy HIT" parent=global-out packet-mark=Proxy-DSCP \
limit-at=0 queue=default priority=1 max-limit=0 burst-limit=0 burst-threshold=0 burst-time=0s

untuk simple queue silahkan sesuaikan saja, yang penting adalah penggunaan packet mark=Proxy-DSCP

Permasalahan akan muncul klo ada Dynamic Queue di simple queue seperti penggunaan login hotspot gateway mikrotik.
berikut penyelesaiannya ada di index Page 1 yaitu : Prioritas Proxy Hit diatas Dynamic Queue

Bagi pengguna hotspot mikrotik yang selama ini di puyengkan dengan munculnya queue dynamic di simple queue yang juga melimit proxy hit sehingga proxy hit jadi tidak maksimal untuk user hotspot. Dimana dynamic queue ini selalu muncul pada urutan queue paling atas sehingga akan di eksekusi pertama. semoga script dibawah ini bisa membantu rekan2 sekalian :

prinsip :
script ini bekerja dengan memonitor prioritas pada queue, sehingga berikan prioritas queue 1 pada proxy hit.

paste script berikut pada user profiles pada bagian on-login di IP>HOTSPOT>USER PROFILES
on login script :

Code:
:foreach n in=[/queue simple find priority=1] do={ /queue simple move $n [:pick [/queue simple find] 0] }

Trik untuk yang menggunkan user manager :

  1. buat user profiles sesuai dengan limitation pada user manager (IP>hotspot>user profiles)
  2. Masukkan nama user profiles yang di buat tadi ke group name yang ada di limitation user manager bagian constraints
  3. Buat profile user manager dengan limitation yang udah diberi grup barusan,

harusnya setiap ada user dari usermanager maupun user hotspot login otomatis dynamic queue-nya akan tergeser menjadi dibawah queue hit proxy.

Silahkan dicoba, jika ada yang salah ane mohon maaf karena juga hasil dari copas Ini sumbernya.

Mohon bagi yang sudah master dalam hal queue dan per-mikrotikan dibenarkan kalau ada yang salah, sukur2 jika mau menyempurnakan .

sumber awal adalah dari mikrotik wiki untuk routerOS 2.9
http://wiki.mikrotik.com/wiki/Extern…Object_ROS_2.9
dengan pengembangan. silahkan kembangkan sendiri untuk konfigurasi jaringan anda

Pos ini dipublikasikan di Jaringan dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s