Antena kaleng, solusi berinternet hemat


Antena kaleng merupakan kata kunci yang selalu mengarah ke blogku lamaku. Sebelum Anda membaca Tanya Jawab yang saya rangkum dari Blog saya di WordPress, sebaiknya Anda pertimbangkan untuk membuat Wajan Bolic. Kenapa? Karena Wajan Bolic lebih murah daripada Antena Kaleng berdasarkan dari uji coba yang saya lakukan.

    Super Cantenna SCB03  Wireless Booster Antenna

  • USB Wifi Blue Link BL U80G = Rp. 130.000
  • Wajan 38cm = Rp 27.500
  • 1 Meter PVC 3″ = Rp. 12.500
  • 2 Doff (tutup pralon) = Rp. 10.000
  • 1 buah Baut = Rp. 6000
  • 1 Gulung Kertas Alumunium =  Rp. 33.000
  • 8 M kabel belden 1538 A = 32.000
  • 1 buah USB Extender = Rp. 10.000

Bagaimana dengan biaya antena kaleng? Tahun 2006 saya menghabiskan biaya lebih dari 400 ribu untuk pembuatan antenna kaleng, tapi untuk sekarang mungkin sudah lebih murah dan ada juga komponen yang makin naik harganya. Seperti komentar berikut:

Di panduan yang Bapak buat, harga SMA Connectornya Rp 11.000,- tapi setelah saya ke toko Sagan Baru, saya tanya harganya Rp 32.000,- Lalu, harga Soket N Connector dan Plugnya dua kali lipat lebih mahal dari panduan yang Bapak buat. Gimana dong, Pak? Apa memang harganya udah segitu?

dan

saya sudah buat antena kaleng, ternyata biaya untuk beli alat konektor nya 155.000 beda jauh sama yang di gambar. trus setelah di coba. tetap gak bisa konek internet.

Higain Directional Dish  Antenna 8DBI Sma TncKarena antusiasnya pengguna internet Indonesia untuk mendapatkan koneksi internet dengan harga murah atau gratis, sekaligus tidak ingin mengecewakan pembaca, sengaja saya merangkum pertanyaan yang di ajukan di blog terdahulu. Berikut pertanyaan yang sering ditanyakan dan diulang-ulang (maklum orang Indonesia banyak yang malas membaca).

T: Dimanakah saya bisa men-download e-book antena kaleng?
J: Silakan download disini. Sudah lengkap dengan gambarnya.

T: Apakah Anda sudah mencoba mempraktekannya (membuat antenna kaleng)?
J: Tentunya sudah, dan saya pergunakan hingga kalengnya berkarat .

T: Berapa jarak maksimal antenna kaleng ke Access Point atau sebaliknya? Apa ada hubungannya dengan ketinggian antena.
J: Jarak maksimal hanya 1 km, dan pernah saya coba sejauh kurang lebih 700 meter, dan hubungannya dengan ketinggian, semakin tinggi Antena maka semakin tinggi pula peluang untuk mendapatkan sinyal Wi-Fi

T: Berapa maksimal panjang kabel RG 58?
J: Panjang maksimal 7 meter jika lebih dari itu maka koneksi tidak akan berjalan dengan baik. Idealnya 50 cm.

T: Apa tembaga buat antena bisa diambil dari kabel tembaga biasa?
J: Bisa. Saya memakai tembaga dari kabel listrik.

T: Apakah antena kaleng bisa langsung konek ke hotspot? Apa perlu software?
J: Bisa, jika hotspot-nya memang diperuntukan untuk umum, dan untuk terhubung tidak perlu software tambahan, karena di Windows atau Linux sudah ada. Silakan baca cara terhubung ke Wi-Fi di e-booknya.

T: Aku coba pakai antena kaleng sudah dapat sinyal Wi-Fi cuma 1 baris tapi tidak bisa konek? padahal aku tanya hotspotnya dibuka untuk umum, apa perlu seting lagi di windows?
J: Satu baris artinya sinyal sangat lemah dan kemungkinan untuk terhubung sangat sulit. Pastikan juga Wireless Zero Configuration-nya sudah jalan (Baca di e-book, sudah ada penjelasannya). Tanyakan juga kepada pemilik Wi-Fi, bentuk umumnya seperti apa? Ada juga yang di bebaskan untuk umum tapi kita harus mendaftar.

T: Nah apa gak perlu account/user/password tuk konek ke akses poin yang bakal menjadi sasaran?
J: Tergantung dari settingan Akses Point.

T: Laptop kan udah ada wifinya tanpa menggunakan modem, bagaimana cara memperkuat penerima wifi yang udah ada di dalam laptop? apa masih pakek tambahan modem?
J: Kalau yang ini belum tahu caranya, karena Wi-Fi sudah terpasang di laptop atau built in, dan yang jelas tidak perlu tambahan modem.

T: Mas, ada gak cara bikin antenna 2.4 GHz dengan memanfaatkan Wireless adapter internal pada notebook, tolong donk!!!
J: Maaf, Sejauh ini saya belum menemukan tutorial cara memanfaatkan atau memperkuat sinyal dari Wireless adapter internal laptop.

T: Pada no 2 tentang alat yang di perlukan dituliskan tentang PCMCIA Card ( bila anda menggunakan laptop yang belum di lengkapi perangkat wifi 802,11b atau 802,11g) yang mempunyai antena luar.

  1. Apa maksudnya itu mas?
  2. Apa laptop saya punya hal itu? (laptop saya punya fasilitas wifi yang bisa konek langsung kalau ada hotspot terbuka)
  3. Apabila laptop saya mempunyai fasilitas wifi tersbut, apakah masih di perlukan juga PCMCIA untuk pembuatan antena kaleng ini? (mksud saya, apakah kabel RG 58 yang dari antena tetap di sambungkan juga ke PCMCIA card? )

J: Berikut jawaban dari tiga pertanyaan yang paling sering ditanyakan.

  1. Maksudnya jika laptop belum ada Wi-Fi internal atau bawaan, maka harus dibelikan untuk PCMCIA atau USB Wifi untuk dapat terkoneksi internet.
  2. Karena laptop sudah terhubung ke hotspot, artinya laptop sudah ada Wifi internal tapi tidak bisa dipakai untuk antena kaleng.
  3. Masih perlu. Tidak perlu beli PCMCIA dan kabel RG 58, karena sekarang sudah ada wajan bolic yang menggunakan USB Wifi yang harganya lebih murah dari PCMCIA.

T: Om… Kalau pake wifi adpater bawaan laptop bisa gak? Terus nyolokin kabel antena ke laptop dimananya?
J: Belum bisa. Karena Wi-Fi adapter bawaan, maka tidak ada tempat untuk nyolokin kabel.

T: Mas penulis… Sekarang kayaknya susah nyari Wireless Lan Card. Kalo pake USB wireless bisa ga?
J: Bisa. Perhitungan yang digunakan juga sama… Silakan di coba. Untuk memperpanjang kabelnya silakan gunakan UTP + USB Extender (untuk caranya, silakan baca sampai habis tulisan ini).

T. Saya tidak menggunakan PCI WLAN card, tapi mengunakan USB WLAN bisa ga? trus klo seandainya bisa, langkah-langkah apa saja yang perlu saya lakukan nanti untuk bisa merubah USB WLAN saya menjadi Antena luar, karena saat ini saya sudah punya USB WLAN, kan sayang klo saya harus beli PCI WLAN.
J: Bisa.Langkah-langkahya sama dengan jawaban diatas.

T: Apakah antena kaleng ini legal?
J: Legal, kecuali sudah ada hukumnya. Maaf, belum pernah baca larangannya.

T: Bagaimana kita mengetahui suatu area atau daerah ada hotspotnya?
J: Untuk mengetahui hotspot disekitar gunakan netbook, laptop, HP atau BB yang sudah ada WiFi-nya. Untuk memudahkan dalam melacak keberadaan sinyal, install netstumbler, insider atau vistumbler. Metode pencarian ini dikenal dengan istilah War Driving

T: Bagaimana kalau setiap peralatan yang dibutuhkan untuk membuat antena kaleng disertkan gambarnya, supaya kalau kita nanya ke tokonya jadi lebih gampang.
J: Gambarnya sudah ada didalam e-books. Silakan di download e-booknya dan dibaca lebih teliti.

T: Apakah antena kaleng tahan dari hujan? Bagaimana supaya tahan hujan? Apakah hujan mengganggu sinyalnya?
J: Tergantung dari bahan antena. Kaleng mudah karatan (korosi) dan untuk membuatnya tahan hujan bisa dibuatkan penutup diatasnya, tapi ini tidak perlu dilakukan karena kaleng bisa kita ganti setiap saat dan murah. Tentu saja hujan dapat mengganggu sinyal dan membuat koneksi jadi lambat.

T: Apakah wireless hack melanggar hukum?
J: Hacking jika tujuan untuk testing keamanan system dari Wi-Fi dan diberikan ijin tentunya tidak melanggar hukum, tapi jika hacking yang dimaksudkan adalah untuk mendapatkan akses internet dari Wi-Fi yang kita hack tentunya sama dengan mencuri. Untuk hukumannya saya belum tahu.

T: Saya udah buat antena kaleng, dan sudah dapet sinyalnya, terus bagaimana caranya agar saya bisa terhubung ke internet?
J: Caranya, pastikan terlebih dahulu bahwa sinyal yang ada tidak di proteksi (ada gambar gembok) dan bisa di akses oleh umum. Caranya baca di e-book.

T: Daerah mana saja yang bisa memakai antena kaleng?
J: Semua daerah yang ada sinyal Wi-Fi.

T. bagaimana cara penyambungan kabel UTP dan USB extender?
J: Berikut adalah penyambungan atau rangkaian kabel UTP dengan USB:
putih oranye dan oranye (UTP)  =  (USB) merah
putih hijau (UTP) =  (USB) putih
hijau (UTP) = (USB) hijau
putih biru, biru, putih coklat, coklat (UTP) = (USB) hitam
Info lengkapnya: Teknik USB Extender

T: Berapa maksimal panjang UTP untuk memperpanjang USB Extender?
J: 5 meter untuk kualitas yang bagus. 8 meter sudah mencukupi dengan kabel yang baik (Belden AMERIKA). Jika lebih dari 8 meter, Anda harus menggunakan USB Power Injector.

Pertanyaan:

  1. Bisa tidak berikan aku perhitungan secara analitis rumus buat mengetahui daya, frekuensi, power loss, terus kalo dibandingin ama wajan bolic atau yang lain gimana?
  2. Ini bisa gak buat memperkuat sinyal 3G?
  3. Apakah bisa dipakai untuk antena modem cdma 2000 1x ? kalo bisa gmana caranya?

Jawabanya:

  • Ada dan bisa. Untuk info lengkapnya cari dan baca di Opensource.TelkomSpeedy.com. Semuanya sudah ada disana dan di asuh oleh ahlinya (Ono W. Purbo).
Pos ini dipublikasikan di Jaringan dan tag . Tandai permalink.

2 Balasan ke Antena kaleng, solusi berinternet hemat

  1. pecicilan berkata:

    Tenan ora kui dab…PCMCI-ku T-MOBILE tp bisanya cm GPRS bgtu masuk UMTS langsung NO NETWORK gimna bos solusinya.matur suwon

  2. rouny berkata:

    berarti ga bisa ya klo warles bawaan laptop di antenain….. hikz hikz….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s