Panduan dasar mengonlinekan website


Bila ingin website kita bisa diakses di internet maka kita harus memiliki domain dan hosting terlebih dahulu.

Setelah itu maka domain kita name server nya diarahkan ke settingan hosting. Silahkan lihat di cpanel (control panel hosting) masing-masing, biasanya disebutkan ns1.namahosting.com dan ns2.namahosting.com, dimana namahosting diganti sesuai dengan settingan yang diberikan oleh hosting masing-masing.

Setelah itu maka domain akan bersambung dengan hosting yang biasanya dikenal dengan istilah propagate, waktu propagate agar sempurna memerlukan waktu 1-2 hari. Biasanya bila di daerah Amerika atau Eropa lebih cepat domain tersebut ter-propagate, kadang di Indonesia agak lambat, tapi juga tidak selamanya demikian, kadang dalam waktu 5 menit saja sudah domain sudah tersambung dengan hosting.

Setelah itu maka Anda perlu mengisi domain tersebut agar ada isinya dan enak dilihat, isilah website tersebut dengan file yang diinginkan, tentunya file-file tersebut sudah terlebih dahulu disiapkan di komputer masing-masing.

Untuk memindahkan file dari komputer ke website kita maka diperlukan FTP software, bila belum mempunyainya dapat menggunakan software gratis, misalnya :

– filezilla, silahkan download gratis di :

http://filezilla-project.org/ atau
http://filezilla-project.org/download.php

– Smart FTP, silahkan download gratis di :

http://www.smartftp.com/download

Setelah di download, buka file ftp Anda (Anda harus terhubung koneksi internet) dan ketika dijalankankan, kurang lebih FTP software filezilla berbentuk seperti berikut:

Contoh Filezilla

Contoh Filezilla

Pada kotak Addres masukkan nama domain Anda

Pada kotak User masukkan username Anda yang dibuat waktu mendaftar di hosting

Pada kotak Password masukkan password Anda yang dibuat waktu mendaftar hosting

Lalu pilih Quickconnect

Maka akan terhubung ke lokasi penyimpanan file Anda di server hosting, kemudian masuk ke folder public html dengan cara klik dua kali di folder public_html.

public html

public html

Setelah itu tempatkan folder disebelah kiri sesuai dengan file yang akan kita upload, sehingga tampilannya akan berbentuk seperti ini:

tampilan folder kiri dan kanan

tampilan folder kiri dan kanan

Terlihat di atas bahwa di sebelah kiri adalah file file kita di komputer dan di sebelah kanan adalah posisi file yang untuk penempatan di hosting/server yang saat ini masih kosong.

Upload file di komputer kita dengan cara:

Sorot/arahkan mouse ke file yang diingkan, klik kanan dan akan muncul kotak pilihan, pilih menu upload. Klik pilihan upload tersebut seperti terlihat pada gambar di bawah:

Upload

Upload

Lakukan hal yang sama pada setiap file yang ingin diupload, bila ingin lebih cepat lagi maka blok semua file di komputer kita lalu klik kanan dan pilih menu upload.

Selanjutnya FTP Software akan bekerja mentransfer file dari komputer kita ke hosting. Bila semua file sudah teruplod maka proses upload dikatakan selesai.

Video tutorial mengoploadkan website silahkan lihat di:

Semoga bermanfaat.

Pos ini dipublikasikan di web desain dan tag . Tandai permalink.

4 Balasan ke Panduan dasar mengonlinekan website

  1. Ping balik: Hosting Gratis di ByetHost « Nanank Blogs

  2. Dwi berkata:

    Mas, saya sebelumnya gak punya pengalaman membuat (membangun) sebuah website, website saya yang lama dibuat dengan website generator.. Kekurangannya membuat dengan website generator kita gak bisa mengutak atik website sesuka kita.. Nah, sekarang saya punya script website, yang tidak saya mengerti adalah bagaimana menginstall script ini di webserver hosting saya.. Bagaimana mas cara menginstallnya? Saya pakai hosting 000.space.com

    • nananktw berkata:

      kalau saran saya mending beli hosting ma domain sendiri dan membut webya bisa pakai joomla ato wordpress kloddingnya lumayan enteng………..nanti kalau ada masalah saya bisa bantu instalkan ato editkan

  3. ilham berkata:

    mas saya sudah membangun web saya secara offline…
    saya masih pakai localhost klo saya mau onlinekan langkah apa dulu yang harus saya lakukan
    saya pakai joomla…
    trimakasi…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s