Cara Instal wordpress di 000webhost


Pada beberapa pekan yang lalu, saya pernah menulis artikel tentang cara menginstall wordpress pada directory utama pada free hosting 000webhost.com. Free web hosting ini sangat populer di kalangan pencari barang gretongan (gratisan) karena fitur-fiturnya yang hampir setara dengan hosting berbayar. Pada hosting tersebut, wordpress yang digunakan masih menggunakan versi 2.2, sudah lama sekali saya menunggu pihak 000webhost mengupgrade versi wordpressnya, tetapi sampai artikel ini ditulis belum juga diupgrade. Minimal versi 2.3, memang apa hebatnya versi ini? Ada fitur tag yang sangat membantu blog agar mudah terindex oleh google, ada beberapa plug in hebat yang khusus dibuat untuk versi 2.3.x. Jika masih menggunakan versi 2.2.x kita harus merelakan plug in tersebut. Nah bagaimana cara menginstall wordpress 2.3.x pada 000webhost ?

Cara menginstall wordpress bisa dibilang susah-susah gampang. Sebelumnya download terlebih dahulu versi favorite wordpress anda, misalkan versi yang terbaru 2.3.3. Kemudian untuk menguploadnya, ada beberapa tool yang bisa digunakan:

  • Menggunakan program FTP untuk mengupload file-file wordpress. Sebagai catatan jumlah file-file wordpress mencapai 400 lebih. Dan ini membutuhkan waktu untuk memindah semuanya. Dan repotnya ada beberapa program FTP yang kurang stabil untuk mengupload banyak file. Jika menggunakan FTP, caranya :
    • Pilih FTP favorit anda, yang anda rasa tangguh untuk misi berbahaya ini
    • Login dengan menggunakan Cpanel account anda. Host FTP nya adalah nama situs anda di 000webhost.com
    • Kemudian upload file wordpress tadi, bisa satu persatu (ingat 400 file lho), bisa satu folder langsung. Ada baik dan buruknya, jika satu persatu anda bisa memastikan bahwa semua file terupload, jika per folder, mungkin saja ada beberapa file gagal diupload. Ingat, tidak semua FTP stabil, kecuali di luar negri yang koneksinya stabil.
    • Jika semua file sudah terupload, buka situs anda untuk menginstall, langkahnya mudah dan simple, ikuti langkah-langkah tersebut.
    • Selamat, wordpress anda sudah terinstall sempurna.
  • Menggunakan file manager yang dimiliki oleh Cpanel. Caranya :
    • Masuk ke dalam Cpanel anda
    • Cari menu File Manager
    • Dalam file manager tersebut, gunakan fasilitas upload yang disediakan.
    • Upload wordpress dalam single file (format .zip)
    • Tunggu sampai wordpress berhasil diupload. Biasanya hanya 2 menit saja
    • Kemudian extract wordpress.zip dengan menggunakan fasilitas extract di pojok kanan
    • Setelah di extract, anda akan mendapatkan directory wordpress yang berisi semua file-file wordpress. Pindahkan file-file tersebut ke directory public_html.
    • Jangan terburu-buru untuk menginstallnya, karena ada pekerjaan besar yang harus anda kerjakan. Untuk bisa menginstall wordpress pada 000webhost.com, anda harus mengubah permision dari semua file wordpress menjadi 777. Caranya select file yang akan diubah, kemudian pilih menu Change Permission. Gunakan select all agar lebih cepat.
    • Jika sudah, maka anda bisa langsung menginstallnya. Caranya buka situs anda, ikuti langkah-langkah instalasinya. Jika masih menemui error, biasanya berhubungan dengan masalah permision file. Jangan cepat menyerah dengan permision yang gagal, mencoba dan terus mencoba sambil belajar adalah hal yang terbaik.
  • Begitulah cara menginstall wordpress pada 000webhost.com, untuk pertama kali memang dirasa cukup melelahkan, tetapi jika di ulangi dan dipelajari, maka 000webhost adalah web hosting alternatif yang baik. Anda bisa menghemat biaya untuk pembelian hosting.

    Pos ini dipublikasikan di Internet dan tag . Tandai permalink.

    6 Balasan ke Cara Instal wordpress di 000webhost

    1. Donie berkata:

      klo utk belajar emang bagus pake gratisan.. tapi klo utk lebih pro, mending pake hosting berbayar.

    2. andy berkata:

      Saya ngistall pake file manager. Tiap kali upload selalu gagal, padahal ga ada masalah sama koneksinya.
      Solusinya gimana ya??

    3. budi berkata:

      mas infonya bagus tapi ada kendala yg saya hadapi tobol extract nya ga ada tuh mas gmn na donk bingun ni mas bls ke email aku ato ke posting ini
      terima kasih…

    4. Tooyul berkata:

      Apakah bisa instal plugin Auto Blog?

    5. web murah berkata:

      mantap gan….

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s